Article

USAHA CUCI MOBIL MENGGIURKAN

Musim penghujan seolah menjadi berkah bagi para pengusaha cuci mobil (car wash). Sebab, di musim hujan ini setiap pemiliki kendaraan pasti ingin melihat mobil kesayangannya tetap bersih selalu.
Hal tersebut terlihat pada tempat cuci mobil Lily Automatic Car wash yang beralamat di Jl. Gatot Subroto kav.127, Jakarta. Di tempat pencucian mobil otomatis ini setiap menit selalu saja ada mobil yang masuk. “Dalam sehari kita biasa melayani sekitar 125 mobil,” kata kata Fifi Yakob selaku penanggung jawab operasional dari Lily Automatic Car wash ketika ditemui detikoto, Selasa (11/11/2008).
Car wash yang menganut sistem one stop service ini hanya membutuhkan waktu 10 menit saja untuk membersihkan satu buah kendaraan. Hal tersebut dapat dilakukan karena Lily Automatic Car wash didukung oleh peralatan modern seperti pencuci mobil otomatis dan sdm yang cukup banyak, yakni mencapai 40 orang.
“Bahkan bila hari libur seperti hari sabtu dan minggu, kami dapat melayani hingga 150 mobil dalam sehari,” kata Fifi. Hal senada juga diungkapkan oleh Arijanto, pemilik dari Champion Wheel, sebuah tempat pencucian mobil yang terletak di Jl. Arteri Kedoya No. 8, Jakarta. “Pada musim hujan ini, kami tentu saja mengalami peningkatan omset sekitar 20 persen,” kata Arijanto.

Sementara untuk system pengerjaan, kedua car wash di atas ternyata memiliki cara yang berbeda. Karena Lily Automatic Car wash menggunakan system otomatis, dimana mobil pelanggan dimasukan ke ‘mesin pencuci’ yang dapat membersihkan mobil hingga bersih.
Namun, di Champion Wheel, system yang digunakan ternyata berbeda. Karena di car wash ini mobil pelanggan dikerjakan secara manual menggunakan system hidrolik. Maksudnya, mobil pelanggan diangkat ke atas oleh sebuah mesin hidrolik sehingga kebersihan setiap detail mobil dapat diperoleh dengan baik.
Untuk masalah harga, kedua system ini ternyata tidaklah terlalu berbeda. Sebab, untuk jasa pencucian saja, Lily Automatic Car wash mematok tarif hanya Rp 20 ribu. Sedangkan Champion Wheel mengerjakan setiap mobil dengan tarif Rp 30 ribu untuk cuci bodi, kolong, mesin, semir ban, hingga vacuum.

SUMBER : oto.detik.com

TIPS USAHA CUCI MOBIL

Di jaman serba susah seperti sekarang ini, apapun yang ada di sekitar kita pasti akan muncul sebuah peluang bisnis jika ada kemauan yang kuat. Termasuk bisnis cuci motor. jangan Anda anggap remeh bisnis yang satu ini, uang akan terus mengalir karena pelanggan yang datang tidak akan ‘putus mata rantainya’ karena jumlah motor di Indonesia semakin bulan semakin terus meningkat. Bisnis ini hanya membutuhkan modal sedikit dan pengelolaan yang tidak rumit. Apalagi jika Anda mempunyai tempat sendiri atau kerja sama dengan pemilik tempat melalui sistem bagi hasil.

Pengetahuan dan ketrampilan yang dibutuhkan

  1. Standar kebersihan motor dan cara membersihkannya.
  2. Mesin kendaraan bermotor (jangan sampai karena ketidaktahuan,mesin motor malah rusak karena terkena air).
  3. Pembukuan sederhana, menyangkut pencatatan modal awal, operasional bulanan, dan pendapatan.
  4. Akses untuk mendapatkan tenaga yang bisa membantu membersihkan motor.

Modal yang diperlukan

  1. Tempat dengan luas minimal 12 meter persegi untuk 2-3 motor.
  2. Dana sekitar Rp.5.000.000,-. s/d 22.000.000,- (diluar tempat) tergantung standart mutu dan pelayanan.
    Modal diperlukan untuk membeli pompa air, kompresor, dan peralatan cuci.
  3. Tenaga kerja, 2-3 orang, untuk mencuci motor (salah satu merangkap sebagai tenaga kerja administrasi).
    Jika makin banyak pengguna jasa yang datang, jumlah tenaga kerja bisa ditambah.

Kiat menjalankan usaha

  1. Cari lokasi usaha yang banyak kendaraan bermotor. Pertimbangkan persaingan dan lingkungan yang banyak penduduk.
  2. Mencari dan melatih tenaga kerja tentang cara dan standar kebersihan dalam mencuci sepeda motor sampai menyemir ban. Pilih pekerja yang mau bekerja keras dan tidak malas.
    Gaji mereka berdasarkan jumlah motor yang dicuci. Ini dapat merangsang mereka agar giat bekerja dan mengurangi resiko jika jumlah konsumen sedikit.
  3. Latih tenaga kerja tersebut cara melayani dan berhubungan dengan konsumen.
  4. Tentukan harga cuci sepeda motor. Biasanya harga berkisar Rp. 5.000,- – Rp. 6.000,-. Penentuan harga tergantung dari potensi pengguna jasa dan pelayanan yang Anda tawarkan. Misalnya, menambah dengan menyemir ban.
  5. Administrasi yang rapi, yaitu mencatat setiap pengeluaran (listrik, air, gaji pegawai, iuran warga) dan pemasukan. Berikan kwitansi pada setiap konsumen yang mencuci motornya di tempat Anda.

Peluang usaha yang bisa anda gabungkan dengan usaha ini

Tentunya Anda ingin usaha ini berkembang besar bukan?? Anda bisa melirik bisnis lain yang bisa Anda jadikan satu di bisnis cuci motor ini, tentunya yang masih sejalan. Diantaranya :

  1. Menjual peralatan mencuci motor, seperti sabun motor.
  2. Menjual aksesori motor, seperti helm, stiker, dan lampu spion.
  3. Menyediakan jasa ganti oli dan perawatan mesin motor lainnya.
  4. Menjual motor second.

Bahkan jika Anda memiliki modal lebih, Anda bisa menambah jasa untuk cuci mobil beserta asesorisnya.

Selamat BerUsaha..!!

(di edit Automega – dikutip dari www.peluangusaha.web.id)

TIPS MEMULAI USAHA CUCI MOBIL & MOTOR

Lokasi yang tepat

Lokasi yang tepat merupakan faktor penting yang mendukung lancarnya usaha cuci mobil dan motor. Lokasi ini tidak harus disuatu tempat yang “TIDAK ADA SAINGAN” atau hanya sendirian saja, tapi justru kalau bisa di sebuah jalan yang disana sudah banyak pesaing sesama usaha cuci mobil dan motor. Lokasi yang baik dan bagus akan mengurangi biaya marketing. Buatlah PLANG atau SPANDUK yang besar dan MENARIK PERHATIAN, yang mudah dibaca dan diingat oleh target pasar.

Promosi dan Komunikasi yang Menarik
Hampir semua orang di level ekonomi manapun sangat menyukai program promosi. Orang juga cenderung mau mencoba sebuah jasa (cuci mobil dan cuci motor) apabila ada promosi yang menarik. Lakukan komunikasi yang berbeda dengan pesaing anda. Buatlah promosi yang membuat orang penasaran. Misalnya dengan undian, atau hadiah kejutan, atau kreatifitas lain….

Suasana Tunggu Usaha cuci mobil dan motor yang Nyaman
Aturlah agar tempat usaha cuci mobil dan motor anda senentu saja, desain harus disesuaikan dengan target pasar yang anda bidik. Sediakanlah makanan kecil dan minuman ringan agar pelanggan yang menunggu dapat menikmati makanan dan minuman. Dan asiknya, ini tidak harus gratis. Hehehehe…ada tambahan dari jualan makanan ringan dan minuman. Pastikan ada koran, majalah atau televisi, musik agar tidak membosankan.

kualitas hasil cuci mobil dan motor anda harus terjamin
Pelanggan tentunya akan datang kembali, dan kembali dan kembali lagi bila kualitas jasa yang anda berikan dapat memenuhi ekspektasi mereka. Jadi anda harus dapat memastikan bahwa hasil cuci di tempat usaha cuci mobil dan motor anda sangat baik dan bersih. Pastikan setiap petugas cuci anda bekerja dengan standar yang anda tentukan.

Pelayanan yang Sangat Baik (Service Excellent)

Pelanggan di masa kini ini sangat memperhatikan pelayanan ini. Bahkan dibeberapa literatur menyebutkan bahwa pelayananlah yang membuat usaha anda berbeda dan sulit dicontoh. Untuk itu, anda harus benar-benar melatih seluruh karyawan anda agar benar-benar mengerti soal service excellent ini. Service yang baik bukan sekedar memberikan senyuman, tapi harusmemberi solusi bagi pelanggan. Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci mobil dan motor anda darimulai greeting, hingga proses pelayanan yang cepat dan praktis. Ucapan terimakasih sangat penting untuk mengakhiri pelayanan.
Selamat mencoba semoga sukses!!!

nah itu sedikit tip dari saya..
setelah cucian motor dijual hasil yang saya dapet akhirnya buat usaha yang lain tapi masih seputar cuci motor tepatnya saya menjual konsentrat shampo ( untuk cuci steam, pembersih jamur kaca mobil, super pell, sabun tangan, pewangi pakaian dll)

Sumber : www.bersosial.com

Tips Usaha Cuci Mobil Ramai Pengunjung

Usaha cuci mobil dan motor kini mulai menjamur, tak sedikit yang mencoba peruntungan membuka usaha ini, karena untuk membuka usaha cuci mobil / motor tidaklah terlalu besar jika anda sudah memiliki tempat yang memadai. Berikut ini sedikit berbagi pengalaman saya di usaha cuci mobil dan motor :

1. Lokasi
Pilihlah lokasi yang strategis karena hal itu akan mengurangi biaya MARKETING, Buatlah PLANG atau SPANDUK yang besar dan menarik perhatian serta mudah diingat dan dibaca oleh target pasar yaitu pengunjung.
2. Promosi
Buatlah promosi yang membuat pengunjung penasaran seperti undian berhadiah, bonus cuci setelah beberapa kali kunjungan, dan kreatifitas lainnya yang bisa anda kembangkan.
3. Ruang Tunggu
Pastikan di tempat usaha cuci anda ada ruang tunggu yang nyaman, sediakan Koran, Majalah, Televisi, Koneksi Wifi atau Musik agar tidak membosankan. Jika perlu makanan dan minuman ringan (tidak harus gratis tentunya hehehe…..)
4. Kualitas Hasil Cucian
Perhatikan petugas cuci anda bekerja, buatlah SOP kerja yang anda tentukan sendiri sehingga hasil dan kualitas cucian sesuai standart dengan mutu yang baik dan tidak asal-asalan. Karena jika anda tidak memonitor petugas cuci anda, bisa jadi hasil cucian tidak sempurna sesuai yang pelanggan harapkan dan bahan yang digunakan seperti shampoo bisa lebih boros. Ada baiknya jika usaha anda sudah berkembang, anda memiliki CCTV untuk memonitor usaha cuci anda dari jarak jauh.
5. Pelayanan
Buatlah standar keramahan yang unik di tempat usaha cuci anda, mulai dari kata sambutan (greeting), pelayanan yang cepat tanggap, hingga penyerahan kendaraan selalu ucapkan terima kasih pada pelanggan anda.
6. Produk Cucian
Gunakanlah produk yang berkualitas untuk usaha cucian anda, terutama yang aman dan ramah lingkungan, sehingga limbah bekas cucian tidak merusak lingkungan disekitar anda.
Demikian tips singkat usaha cuci agar ramai pengunjung, semoga tips ini bermanfaat dan anda mendapat gambaran dalam membuka usaha mobil dan motor.

Sumber : forum.kompas.com

CUCI MOBIL PAKAI HIDROLIK MEMANG AMAN.!

Jakarta – Kekhawatiran mobil akan terjatuh saat dicuci dengan sistem hidrolik terus membayangi pemilik mobil.
Beberapa waktu lalu di internet beredar sebuah foto mobil yang terjatuh saat dicuci di car wash hidrolik. Apa yang kemudian terjadi? Apakah si pengelola car wash mau mengganti kerusakan?
Namun Otolovers tidak perlu khawatir, meski kemungkinan seperti itu tetap ada, para produsen cuci mobil hidrolik siap bertanggung jawab jika memang hal tidak diinginkan itu terjadi.
Seperti diungkapkan Nadiar pemilik dari ‘Pangkalan Car Wash’ di Gandaria Jakarta Timur.
“Kemungkinan terjatuh memang akan tetap ada, tapi itu sangat kecil,” kata Nadiar yakin.
Nadiar juga mengatakan akan bertanggung jawab jika memang benar-benar terjadi kejadian yang tidak diinginkan tersebut.
“Karena kita juga memiliki standar operasional kerja, selain itu kami telah berpengalaman dan mempekerjakan pekerja yang benar-benar bisa,” ucapnya.
“Dan kami akan bertanggung jawab penuh bila memang terjadi, agar mobil konsumen kembali seperti sedia kala. Terserah mau diperbaiki dimana,” tambahnya.

Sumber Dikutip dari www.detik.com
Hotline

FIND US !!!!!!

Click Logo For Details!!! Youtube plus Twitter FB Flikerrt Linked Ali

foursquare

bawah-june web.id